TANDA KICAUAN BURUNG KEMATIAN; BURUNG JAY

Oleh Yar Johan

"Burung Jay mampu mengidentifikasi informasi kematian. Kicauan Burung Jay dipicu karena kematian"



Burung Jay (Aphelocoma californica/western scrub-jay)
sumber: 
http://www.allaboutbirds.org


Percaya atau tidak. Anda pernah mendengar suara kicauan burung? Tapi kicauan burungnya berbeda dengan yang sering terdengar. Ini benar adanya dan saya alami sendiri. Setelah selesai shalat magrib saya mendengar suara burung yang suaranya tak asing telingaku. Ini yang ke-enam kalinya saya mendengar suara kicauan burung tersebut. Kicauannya sebenarnya tidak begitu lama hanya beberapa menit. Coba dengar seksama suara burung itu, Rif? Iya ya, bang”. Sepertinya petunjuk di area lingkungan rumah kita akan kena musibah. Oya ya, Bang. Kalau tadi tidak abang bilang pasti saya gak dengar suara burung itu. Mudah-mudahan kita semua di lindungi. 


Sebenarnya dialog dengan Arif pernah saya lakukan. Saat saya mendengar kicauan burung yang kelima kalinya. Ketika itu pukul 01.00 dini hari tiba-tiba terdengar kicauan burung itu. Saya langsung bilang ke arif. Sepertinya burung itu membawa berita Rif. Bisa musibah atau berita yang lain. Saya keburu masuk ke kamar. Iya semuanya masuk ke kamar. Ternyata sore harinya tetangga kami meninggal dunia terjatuh dari pohon rambutan. Meninggalnya setelah tiba di rumah sakit. Innalillahi wainnaillaihi rojiun. Saya tidak tahu apakah ini kebetulan atau petunjuk alam. Kata teman pernah cerita dulu ada dongeng tentang burung jay dan putri maya namun saya tidak begitu tertarik mengikuti cerita tersebut. Hanyalah kebetulan.  

Tiba-tiba saya langsung diskusi dengan Ayah. Kata Ayah kalau mendengar berita tersebut bilanglah ambil yang baik dan buang yang jauh. Itu hanya petunjuk alam. Hanya Tuhanlah yang menentukan maut ataupun musibah untuk seluruh makhluk di alam jagat raya ini. 

Saat yang kelima kali saya mendengar suara burung itu kembali. Saya semakin penasaran dengan burung tersebut. Saya mencoba mencari informasi. Kata Ayah burung itu kecil. Kata Mas Jack tetangga saya burung itu kecil banget dan sangat jarang dikala sianga. Saya pernah melihatnya. Iya itu mitos. Bila dia berkicau akan mendatangkan musibah. Saya tidak tahu pasti. Rasa penasaran saya semakin menjadi seperti apakah burung itu dan apa namanya. Kalau waktu kecil yang saya tahu burung hantu yang sering memberi tanda. Bila terdengar suara burung hantu berhati-hatilah. Saya tanya sama tetangga saya di sini ternyata mereka tidak begitu paham dengan nama burung tersebut. Atau mungkin saya belum ketemu dengan orang yang tepat. Saya coba cari di mbah google sepertinya Burung itu bernama Burung Jay nama latinnya Aphelocoma californica (mohon koreksianya bila yang tahu). Hasil penelitian dari Universitas California menemukan bahwa Burung Jay mampu mengidentifikasi informasi kematian. Kicauan Burung Jay dipicu karena kematian. Hasil riset ini sudah dipublikasikan secara ilmiah di jurnal Animal Behaviour. Benarkah? Tapi tidak ada yang tidak mungkin. Asalkan syaratnya jangan mengaku Tuhan. 

Apakah hanya kebetulan atau sebuah pertanda malam ini saya mendengar burung itu yang keenam kalinya berkicau. Saya yakin bahwa jodoh, rezeki dan maut itu urusan Tuhan. Namun tidak menutup kemungkinan hewan diberi kelebihan untuk itu. Saya berangkat keluar dengan mencari makan malam dengan sahabat saya sebut saja Afi. Lelaki berdarah minang namun wajahnya manis seperti orang jawa tapi di besarkan di Lampung. Saya lebih tertarik hidangan malam ini dengan cumi cah kembang kol dan juice alvokat. Sedangkan Afi sendiri lebih memilih memesan capcay spesial. Makan penutup yang super sekali.

Setelah menikmati makan malam dengan lahapnya kamipun menuju ke rumah. Baru tiba lima menit di rumah. Arif langsung menghampiri saya. Mengabarkan kalo berita kicauan burung Jay benar adanya? Kok bisa? barusan ada berita musibah. Sepupunya Adi, teman yang sekarang menginap di kamarnya Almuz sepupunya meninggal dunia karena angin duduk. Kebetulan Adi sendiri orang sumatera. Sepupunya meninggal ketika sedang memasak kue. Begitu tragis? Tragisnya kenapa? Kue yang dimasak almarhum itu kue untuk acara anak sulungnya yang rencana malam minggu ini akan tunangan. Rupanya sepupunya mempunyai 7 anak yang paling kecil masih TK. Tidak ada riwayat sakit yang di deritanya. Tragisnya lagi adalah suami dari almarhumah baru meninggal dunia 5 bulan yang lalu karena kecelakaan lalu lintas.  Innalillahi wainnaillaihi rojiun. Semoga keluarga diberi ketabahan dan kesabaran. 

Tidak ada yang sia-sia dan kebetulan di dunia ini. Semua ciptaan Tuhan ada manfaatnya. Ayat-ayat Tuhan di alam juga harus kita pahami tentunya. Ada hikmah dibalik itu semua. Syukuri dan nikmati anugerah yang telah diberikan Tuhan untuk kita bersama. Sudah ada janji masing-masing Sayangilah sebelum kehilangan. Meskipun yang keenam kali saya mendengar kicauan Burung Jay. Saya tidak terlalu begitu penasaran seperti sebelum-sebelumnya. Terimakasih Burung Jay telah mengingatkan.

Sebelum mataku terpejam. Aku mendengar kicauan burung Jay tepat diatas kamarku. Melintas berlalu. Burung Jay, lupakanlah. Biarkan dia berkicau.  

1 comments:

MANTAB pengalamannya
ijin kopi BURUNGnya GAN

http://cakmatjutawan.blogspot.com/2014/05/burung-kematian.html

Reply

Post a Comment