MC AKAD NIKAH DAN RESEPSI


Oleh Yar Johan

 


"Mudahan-mudahan dirimu ketemu dengan jodohmu, kawan"
Hari sabtu kemarin 26 Mei 2012 saya diminta oleh teman saya yang sekarang bekerja di jakarta, dulu pernah satu almamater di IPB untuk menjadi MC Akad nikahnya. Awalnya saya bilang saya siap. Namun sebaiknya coba cari yang lebih bagus lagi secara jam terbang sebagai MC masih kecil itupun hanya MC tingkat RT atau 17 agustusan. Pasti ada yang lebih bagus dibanding saya. Nanti bila tidak ada yang bisa baru saya. Masalahnya ini acara yang sacral dan suci dalam perjalanan hidup masing-masing. Tentunya harus memiliki kesan tersendiri. Namun temanku yang sekarang lagi berbulan madu dengan suaminya tercinta berharap tetap saya. Iya udah saya usahan. Oya untuk bagian resepsi bagaimana kalau Rizki saja. Rizki teman kami juga satu angkatan. Kebetulan Rizki posisinya di bogor dan sama seperti saya masih belajar hidup di IPB.  Oke nanti saya coba hubungi dia. Telpon ditutup.


Cincin dan buku penikahan kedua penganten (Sumber:lukihermanto.com)



 


Satu hari menjelang hari H. Malamnya saya berangkat dengan Rizki. Tepat siangnya kejadian penembakan 2 orang satpam di IPB. Kebetulan waktu itu saya ada di kampus dan shalat jumat di masjid kampus. Tepat dekat dengan TKP. Tulisannya ini ada tersendiri. Nanti saya publis. Tepat jam 22:00 kami tiba di stasiun cikini dekat dengan rumah calon penganten. Kami dijemput oleh keponakan mempelai wanita. Oya nama tempat berlangsungnya teman saya tersebut di wisma kertas padalarang. Setiba disana panitia sudah berkumpul. Luar biasa. Saya lihat penganten wanitanya masih ada disana. Salut sama teman saya yang satu ini. Betul-betul srikandi modern. Semakna dengan nama yang disandangnya. Keputusannya malam itu saya ditunjuk menjadi MC Resepsi, selain MC AKAD. Astafirullah. Berusaha saya menolak. Namun tetap kalah. Iya harus mengikuti keinginan dari calon Ratu sehari. Iya saya coba menerima.

Mudah-mudahan dipernikahan ini kamu ketemu sama jodohmu, kawan. Ujar temanku Rizki. Ini say coba bagi-bagi sama pembaca siapa tahu bermanfaat bagi yang mungkin mendapat amanah untuk menjadi MC Akad dan Resepsi pernikahan keluarganya, tetangganya, temannya, kantornya bahkan pernikahan mantannya.

# SUSUNAN ACARA AKAD NIKAH

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh
Selamat pagi bapak ibu hadirin sekalian yang berbahagia
Kami mengucapkan selamat datang di WISMA KERTAS PADALARANG dalam acara akad nikah dari kedua mempelai yang berbahagia  NURZENAL MUSTOPHA (MAS ASEP) dan AYU KUSUMAWATI (MBAK AYU) yang insyaAllah akan dilaksanakan hari ini sabtu 26 mei 2012.

Hadirin sekalian MAS ASEP adalah putra ke 2 dari pasangan yang berbahagia TUAN OPE MUSTOPA dengan NYONYA TATI NURHAYATI sedangkan MBAK AYU adalah putri pertama dari pasangan yang berbahagia TUAN SAIFUL AZIS SAEBANI dengan  NYONYA SAMPUR RAHAYU DWI ASTUTI.

Hadirin sekalian sekali lagi kami ingin mengucapkan terimakasih atas kehadiran bapak ibu para hadirin yang berbahagia,  yang telah memberikan doa restu dan menghadiri acar akad nikah di pagi hari ini.

    MUKADIMAH/PEMBUKAAN
Kita buka acara ini dengan sama-sama melapazkan basmallah. Bismillahirobbil alamin

    PEMBACAAN AL-QUR’AN & SARILAWAH        
Pembacaan Alquran adalah MAS HUMAIDI. Pembacaan saritilawah adalah adek kandung dari mempelai wanita MBAK ANNISA. (Mas HUMAIDI dan  MBAK ANNISA dipersilakan)

    LAFADZ IJAB KABUL
(Selanjutnya untuk pelaksanaan ijabkabul akan dipimpin oleh penghulu petugas dari KUA kecamatan pulogadung Bapak DRS. MUZAKKIR RENAS kami persilakan TUAN SAIFUL AZIS SAEBANI sebagai wali. saksi Bapak DAHRONI. Dipersilakan)

Baraqolah walhamdullilah hirobbil alaamin
Syukur alhamdullah akad nikah telah berlansung dengan lancar dan hikmat selamat  untuk MAS ASEP dan MBAK AYU.

        PENANDATANGAN & PENYERAHAN BUKU NIKAH
Sesuai dengan syariat perkawinan islam maka dipandu penghulu, kedua penganten akan menandatangani buku nikah diikuti para saksi

Penyerahan buku nikah dari pejabat kua kecamatan pulogadung Bapak DRS. MUZAKKIR RENAS kepada MAS ASEP dan MBAK AYU. Selamat kepada MAS ASEP dan MBAK AYU. Dan kali ini kita berikan kesempatan diabadikan sekaligus memperlihatkan buku nikahnya.

    KHUTBAH NIKAH / PEMBACAAN AKTA / DOKUMEN NIKAH
Pejabat KUA Kecamatan Pulogadung Bapak DRS. MUZAKKIR RENAS di persilakan

     DO’A
Pejabat KUA Kecamatan Pulogadung Bapak DRS. MUZAKKIR RENAS di persilakan

           PEMASANGAN CINCIN & SESI FOTO
Berikutnya pemasangan cicin kawin. Oleh kedua mempelai. MAS ASEP akan memasang cicin kawin dijari manis MBAK AYU dan sebaliknya MBAK AYU memasang cincin kawin dijari manis MAS ASEP. Dan ini kita berikan kesempatan diabadikan.

          SESERAHAN
selanjutnya adalah penyerahan barang-barang seserahan mahar atau maskawin dari MAS ASEP berupa 28 gram dan seperangkat alat shalat untuk diserahkan ke MBAK AYU. Pembawa mahar kawin ibu kandung mempelai laki-laki NYONYA TATI NURHAYATI. Penerima mahar dari MBAK AYU adalah ibu kandung mempelai wanita NYONYA SAMPUR RAHAYU DWI ASTUTI

SUNGKEMAN

PENUTUPAN
Hadirin sekalian alhamdullah kita telah menyaksikan proses akad nikah dan penyerahan mahar  serta penanda tangan berkas maka tibalah kita diujung acara akad nikah. Bila ada salah  mohon dimaafkan.

Perkenanlah kami mengucapkan selamat menempuh hidup baru semoag pernikahan ini abadi dan langgeng adanya. Selamat atas pernikahan MAS ASEP dengan MBAK AYU. Semoga barokah dan mendapatkan ridha dari ALLAH SWT. Dan semoga menjadi keluarga asmara (as sakînah al mawaddah wa rahmah) yang akan melahirkan generasi-generasi yang shaleh dan shaleha. Âmîn yâ robbal ‘âlamîn

Kita tutup bersama-sama acara akad nikah ini dengan lapaz HAMDALAH. ALHAMDULLAHIRABIL ALLAMIN

Wabillahitaufik Walhidayah
Wassalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh


# SUSUNAN ACARA RESEPSI NIKAH

2 comments

terimakasih mas,, sangat membantu.

Reply

Makasih ya pak buat referensi nya

Reply

Post a Comment