RSBI DIHAPUS

Oleh Yar Johan


"Pendidikan adalah hal milik siapa saja yang ingin mendapatkannya. Tidak ada pembeda dan kasta"

Akhirnya pemerintah menghapus RSBI. Memang sebelumnya saya pernah membahas tentang 10 kegagalan RSBI silakan dibaca di sini. Iya memang diakui pemerintah saat iini harus lebih bijak lagi dalam meningkatkan SDM di dunia pendidikan agar tidak salah konsep dan arah.

Pemerintah berkewajiban mencerdaskan bangsa dan bukan membodohkan bangsa. Belajar dari pengalaman. Semoga ini tidak menjadi terulang kembali. Sehingga sistem pendidikan kita ini bukan bongkar pasang. Namun yang patut diperhitungkan adalah sebuah proses.

Pendidikan itu mengajakan bagaimana kita berproses. Proses menjadi orang yang cerdas dan proses menjadi orang yang cerdas. Pemangku pendidikan harus memahami proses tersebut. Sehingga kebijakan yang ditelorkan tidak bertentangan dengan tujuan negara ini dibentuk. Dunia pendidikan bukanlah kelinci percobaan dan sapi perahan.

Pendidikanlah yang membuat negara ini merdeka dari penjajah. Coba bayangkan bila Sukarno dan Bung Hatta tidak memiliki pendidikan waktu itu mungkin bisa jadi kita tidak akan merasakan udara bebas seperti ini. Pendidikan adalah investasi terbesar negara ini bila ingin membangun sungguh-sungguh. 

Pendidikan adalah hal milik siapa saja yang ingin mendapatkannya. Tidak ada pembeda dan kasta. Maka selaku putra bangsa mari kita songsong pendidikan yang lebih bijak ke depannya. Semoga





Post a Comment