PERIKANAN]: Biologi dan Ekologi Teripang Ekonomis (bagian 2)


Setiap jenis teripang memiliki ciri morfologi yang berbeda. Untuk dapat membedakannya, berikut ciri-ciri morfologi teripang ekonomis penting.
                                                                                       
1. Teripang putih atau teripang pasir (Holthuria scabra)
Badan teripang pasir berbentuk bulat panjang. Umumnya, bagian bagian perut teripang pasir berwarna kuning keputihan, sedangkan punggungnya berwarna abu-abu sampai kehitaman dengan garis-garis melintang berwarna hitam. Bila diraba, seluruh bagian tubuh teripang ini terasak kasar. Teripang pasir banyak di temukan disela-sela karang yang masih hidup ataupun mati dan di perairan yang dasarnya mengandung pasir halus.

2. Teripang Hitam
Badan teripang berbentuk bulat panjang dan akan segera mengkerut apabila di angkat dari permukaan air. Diseluruh permukaan badan teripang hitam terdapat bintil-bintil halus. Teripang hitam mudah dikenali karena warnanya yang indah. Bagian punggungya berwarna hitam  keungu-unguan atau kebiru-biruan. Sementara bagian perut, sisi sekitar mulut, dan duburnya yang berwarna kemerah-merahan. Teripang hitam hidup di daerah perairan berkarang atau berpasir yang di tumbuhi ilalang laut (sea grass)

3. Teripang Getah Atau Teripang Keliling (Holothuria Vagabunda)
Badan teripang getah berbentuk bulat, panjang dan langsing. Panjang badan antara 20-30 cm, berwarna coklat hitam, dan di bagian mulutnya terdapat rumbai-rumbai pendek menyerupai kembang kol. Bila di angkat dari permukaan air, jenis teripang akan mengeluarkan cairan putih seperti getah yang berfungsi sebagai alat untuk membela diri. Jenis teripang ini banyak diperdagangkan.

4. Teripang Coklat (Holothuridae Marmorata)
Badan teripang coklat bebentuk panjang dan kecil. Di beberapa daerah, warna teripang ini cukup variatif. Ada yang berwarna coklat pekat. Namun pada umumnya warna teripang coklat abu-abu kecoklatan. Badannya ditutupi oleh tonjolan-tonjolan menyerupai duri yang berbentuk kerucut yang berwarna kuning muda.

Bagian atas dan sisi badannya terdapat bercak-bercak tidak teratur yang berwarna coklat. ciri lain dari teripang coklat ialah adanya sekat yang terputus-putus di bagian atas tubuhnya. sementara sekat di bagian bawahnya badannya tampak semakin menghilang, terutama bagian bawah mulut dan dubur. dari bagian mulut sampai bagian belakang badan terdapat semacam sekat memanjang, seolah-olah membagi badan menjadi dua bagian yang sama besar.

5.  Teripang Batu (Holothuria lecanora)
Badan teripang batu berbentuk memanjang dan lunak. Bila permukaan tubuhnya, terutama bagian atas dan sisi badan atas diraba  maka akan terasa adanya bintil-bintil bulat. Sementara di bagian bawah badanya, bintil-bintil tersebut terasa lebih halus dan membentuk tiga jalur. Warna bada teripang batu coklat tua agak kekuning-kuningan dan warna warna bagian bawah tampak lebih jelas. Bagian duburnya berwarna kekuning-kuningan.

6. Teripang Duri atau Teripang Kasar (Stichopus variegatus)
Badan teripang duri berbentuk bulat panjang seperti ketimun dengan panjang 25-35 cm. Warna teripang duri coklat mulus dengan bercak-bercak yang tidak teratur dan terdapat duir berwarna coklat muda. Saat muda, teripang ini hidup di daerah pantai dangkal, sedangkan pada stadia dewasa berada di perairan yang lebih dalam. Jelas teripang duri belum banyak di perdagangkan.

Post a Comment