Kata Sambutan Wakil Wisudawan dan Wisudawati


 Oleh Yar Johan

"Tetap berpegang teguh pada sumpah mahasiswa yang mengaku: “Bertanah air satu, tanah air tanpa penindasan. Berbangsa satu, bangsa yang gandrung keadilan. Berbahasa satu, bahasa kebenaran”

KATA SAMBUTAN WAKIL WISUDAWAN DAN WISUDAWATI PADA RAPAT SENAT TERBUKA PERIKANAN DAN ILMU KELAUTAN
UNIVERSITAS RIAU
PEKANBARU, 23 FEBRUARI 2008 
 

Bismillahirrahmanirrahim 

Yang terhormat :
Ketua Senat Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Riau; Bapak/Ibu Anggota Senat; Pimpinan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Riau;
Dosen dan Karyawan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Riau;
Para Wali Wisudawan dan Wisudawati;
Para Wisudawan dan Wisudawati yang berbahagia;
Segenap Mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Riau;

Para Undangan dan Hadirin yang saya hormati;

ﺍﻟﺴﻼﻡ ﻋﻠﻴﻜﻡ ﻮﺮﺤﻤﺔ ﺍﻠﻠﻪ ﻮﺑﺮﻜﺎﺘﻪ
Selamat Pagi
Salam Sejahtera Bagi Kita Semua 

Mengawali sambutan ini perkenankan saya mengajak hadirin sekalian untuk mengucapkan syukur pada Allah Swt atas limpahan Rahmat dan Hidayah-Nya sehingga pada hari ini, Sabtu 23 Februari 2008, kita dapat hadir bersama-sama di tempat ini untuk menghadiri perhelatan penting yaitu wisuda bagi para mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Riau yang telah berhasil menyelesaikan studi untuk jenjang Diploma Tiga (D-3) dan Strata 1 (S-1). Dan salawat beserta salam kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad Saw.

Hadirin dan Undangan sekalian yang saya hormati,
Sebelumnya saya minta maaf kepada para wisudawan dan wisudawati Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Riau. Jika pada sambutan ini, tidak semua terwakili apa yang wisudawan dan wisudawati harapkan karena keterbatasan ruang dan waktu. Bila ada yang tidak berkenan dihati para wisudawan dan wisudawati mohon dimaafkan.

Pertama, mengucapkan terima kasih kepada Bapak Dekan dan Para Pembantu Dekan, khususnya kepada para dosen di lingkungan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Riau yang sudah membimbing, mengajari dan mengarahkan selama belajar, menimba ilmu di kampus tercinta ini. Mohon ma'af apa bila dalam melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai mahasiswa ada kesalahan dan kekurangan. Kenakalan dan kekurang-ajaran kami selama belajar, tentu akan menjadi pelajaran berharga buat hari-hari kami di masa yang akan datang.

Kedua, terima kasih kepada Bapak dan ibu Wali wisudawan/wisudawati, yang telah banyak berkorban demi kelangsungan dan kelancaran belajar kami selama menempuh pendidikan di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Riau. Dengan diwisudanya kami, bukan berarti masa belajar kami berhenti sampai di sini, juga bukan merupakan prestasi puncak, karena ada beberapa jenjang pendidikan yang masih harus kami lalui. Terlebih pendidikan dalam bermasyarakat sebagai implementasi teori-teori yang kami peroleh dari perguruan tinggi. Namun demikian, prestasi ini semoga bisa menjadi "obat penawar" di tengah lelahnya Bapak dan Ibu sekalian dalam mendidik dan membesarkan kami. Saya ucapkan terimakasih kepada seorang wanita yang begitu tegar, sabar dalam mendidik anaknya ini, Ibu.. terimakasih.
Ketiga, Terima kasih kepada semua civitas akademika, para pegawai kampus Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Riau tercinta, terima kasih sudah berpartisipasi, melayani dan membantu menyukseskan tugas dan kewajiban kami selama belajar. Tanpa kesediaan, kesabaran, dan keikhlasan Bapak dan Ibu sekalian bisa dipastikan proses belajar kami mengalami hambatan. Tidak ada kata yang paling pas kami ucapkan selain doa semoga semua yang telah Bapak dan Ibu lakukan, semua yang telah Bapak dan Ibu korbankan untuk kami dibalas oleh Allah. Amin ya Rabbal'alamin.

Keempat, Kepada para aktivis kelembagaan mahasiswa. Tetap berpegang teguh pada sumpah mahasiswa yang mengaku: “Bertanah air satu, tanah air tanpa penindasan. Berbangsa satu, bangsa yang gandrung keadilan. Berbahasa satu, bahasa kebenaran” tiga poin pokok yang muncul, (tanpa penindasan, keadilan dan kebenaran) adalah nasionalisme masa kini yang menghadirkan kembali seruan kritis para pendahulu bangsa. Dulu adalah dulu dan sekarang adalah sekarang, tapi dulupun hadir di masa sekarang meski berbeda wujud dan strukturnya. Perjuangan atas cita-cita nasionalisme belumlah berhenti, tapi disambut oleh generasi sekarang untuk meneruskannya.

Kelima, Kepada teman-teman mahasiswa yang masih menempuh pendidikan, terima kasih telah bekerja sama selama menempuh pendidikan. Dalam perjalanan, pergaulan, dan masa pembelajaran tentu ada kesalahan. Untuk itu saya mewakili teman-teman yang lebih dulu diwisuda, mohon ma'af atas semua kesalahan. Harapan kami, teman-teman yang masih duduk di bangku kuliah, bisa mencetak prestasi dengan baik dan membawa kampus Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Riau lebih berkualitas, bermanfaat untuk masyarakat, bangsa, agama, dan dikenal masyarakat luas.

Hadirin dan Undangan sekalian yang saya hormati,
Selanjutnya, kepada Bapak/Ibu, dan hadirin semua, kami mohon doa restu agar kami semua diberi kemudahan oleh Allah dalam menjalani hari-hari berikutnya. Mampu melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, serta nantinya mampu kembali membaur dengan masyarakat luas. Mampu berpartisipasi menggunakan ilmu pengetahuan yang sudah kami dapat untuk kemaslahatan masyarakat luas. Dan memperoleh predikat sebagai manusia yang berguna bagi Bangsa, dan Agama. Memang secara formal kami sudah dinyatakan berhak menyandang gelar sarjana, namun demikian, bimbingan dan arahan masih sangat kami harapkan dari para dosen, serta Bapak dan Ibu orang tua kami.

Hadirin dan Undangan sekalian yang berbahagia,
Para wisudawan dan wisudawati, kita sebagian dari ujung tombak Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Riau yang dapat memberikan kontribusi untuk kemajuan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Riau. Oleh karena itu silaturrahmi dengan almamater dan sesama alumni jangan sampai terputus tetapi terus dibina, sehingga Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Riau semakin menjadi lebih baik dari waktu ke waktu.

Hadirin dan Undangan sekalian yang saya hormati,
Kami pun mengucapkan banyak terimakasih kepada Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Riau yang telah memberi kami kesempatan untuk menimba ilmu dan belajar banyak hal. Sehingga kami bertekad, setelah ini, saatnya kami membaktikan ilmu yang telah kami peroleh untuk keluarga kami, agama, bangsa dan negara kami. Semoga kami mampu menjadi aktor-aktor pembangunan di negara yang sangat kita cintai ini.

Demikian, mohon ma'af apa bila ada kesalahan.

" Ikan Patin Ikan Arwana
Ikan Dikail Si Orang Sakti
Kini Kami Sudah Sarjana
Mohon Doa Agar Kami Berbakti "




ﻮﺍﻟﺴﻼﻡ ﻋﻠﻴﻜﻡ ﻮﺮﺤﻤﺔ ﺍﻠﻠﻪ ﻮﺑﺮﻜﺎﺘﻪ

Pekanbaru, 23 Februari 2008 
Wakil Wisudawan/wati, 

Tdo 

Yar Johan, S.Pi NIM. 0404120140

Post a Comment