Bibit Buah Tin (Buah Surga); Saatnya Memetik Sendiri Buahnya di Rumah Anda

Oleh Yar Johan


Firman Allah SWT dalam Al-Qur’an dan hadits terkait khasiat buah tin bagi manusia.
” Demi buah tin dan buah zaitun, demi gunung thursina,” (at-Tin: 1-2)

Saat Lagi di Kebun Buah Tin


Dua tahun yang lalu saya dan teman-teman ingin membentuk kebun Alquran. Kebun Al quran yang idenya sudah dipraktekan di Kalimatan dan di Pulau Jawa. Menarik, Bukan. Kebun yang isinya adalah Buah-buahan atau tanaman yang terdapat di Al quran. Untuk mewujudkan hal tersebut kami akhirnya mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya dan mengidentifikasi. Akhirnya, saat ini kami masih mengumpulkan dan menyediakan salah satunya adalah Buat Tin/ Buah Surga.Biarpun belum jadi kebun alquran setidaknya dipekarangan rumah bisa langsung memetik sendiri buah surga ini. Kami memiliki 12 jenis Buah Tin. Kami akan coba menerangan salah satunya yaitu Buah Tin yang ini adalah jenis Green Yordan.  Begitu mudah menanam dan merwatnya. Cocok untuk pekarangan rumah. Kapan lagi di rumah di pekarangan di tanam buah surga. Pemandangannya indah dan banyak khasiat yang bisa kita rasakan.  Kami melayani pemebelian minimal 3-4 bibit (biaya kirim perkiraan 3-4 bibit/kg).


Abu Darda radhiallahu’anhu juga meriwayatkan sabda Nabi bahwa:
“Sekiranya kukatakan ada buah-buahan yang turun dari surga maka itulah buah tin. Karena, buah-buahan surga itu tanpa biji. Makanlah ia, karena ia dapat menghentikan wasir dan bermanfaat menyembuhkan encok“  (Dituturkan oleh Ibnu Qayyim dalam Zaadul Ma’aad )”

5 Khasiat dahsyatnya Buah Tin yang dikutif dari www.pohontin.wordpress.com yaitu: 

1. Kandungan kalium, omega 3 dan 6 bersama fenol dan magnesium pada Buah Tin membantu untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan menjaga seseorang dari serangan jantung koroner.

2. Buah tin ara mengandung serat makanan (dietary fiber) yang tergolong tinggi, menjadikan buah ini sangat efektif untuk program penurunan berat badan. Buah tin merupakan salah satu buah yang sering dijadikan buah rekomendasi para ahli diet dan ahli gizi di Amerika dan Eropa.
3. Serat larut pada buah tin disebut yang disebut pektin membantu dalammengurangi kolesterol darah. Ketika serat ini melewati sistem pencernaan, serat pektin ini menyapu bola-bola kolesterol dalam usus dan membawanya keluar dari tubuh.
4. Buah tin dapat menurunkan dan mengontrol tekanan darah tinggikarena buah tin tinggi akan kalium (potassium), mineral yang berperan mengontrol hipertensi (tekanan darah tinggi). Beberapa orang kekurangankalium karena mereka menghindari makan buah-buahan dan sayur-sayuran dan mengkonsumsi lebih banyak natrium, bahan yang terutama digunakan pada makanan kemasan. Baca juga link 1 dan link 2.
5. Bagi penderita kencing manis (diabetes), serat yang terdapat di dalam buah tin dapat memperlambat proses penyerapan glukosa di usus kecil. Gabungan zat yang terkandung dalam buah tin yaitu serat yang tinggi dan karbohidrat dalam bentuk yang ringkas, yaituglukosa dan fruktosa mampumengontrol kadar gula darah seseorang. Jadi walaupun rasa buah tin termasuk manis, namun aman dikonsumsi oleh mereka yang menderita diabetes. Hal ini sesuai dengan anjuran yang dikeluarkan oleh The American Diabetes Association.


Tip dan Trik Memelihara Buah Tin Bila kiriman sudah tiba:
1.  Silakan di letakkan ditempat yang teduh/terlindung dari matahari langsung.  Selama 1 minggu. Untuk menghilangkan stress karena perjalanan jauh.
2.  Di isi tanah secukupnya dalam pot.
3.  Lakukan penyiraman cukup 1 hari 1 kali
4. Boleh menggunakan pupuk NPK mutiara (1 bulan 1 kali) atau bagusnya menggunakan pupuk kompos. 

Masih bingung silakan tanyakan langsung ke kami. Dengan senang hati kami membantu. Salam

Pesan Gratis ongkos Kirim: Lewat sini aja Shopee 











Post a Comment